Bidang Kesiswaan

PROGRAM WAKASEK BIDANG KESISWAAN

A. LATAR BELAKANG :
Pengembangan potensi siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, maka diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis
B. TUJUAN PEMBINAAN KESISWAAN :
1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
C. SASARAN DAN RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN :
1. SASARAN PEMBINAAN KESISWAAN MELIPUTI SISWA SMA NEGERI 16 MEDAN
2. PEMBINAAN KESISWAAN DILAKSANAKAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KOKURIKULER.
3. MATERI PEMBINAAN KESISWAAN MELIPUTI:
a. KEIMANAN & KETAQWAAN THD TUHAN YME;
b. BUDI PEKERTI LUHUR ATAU AKHLAK MULIA;
c. KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN BELA NEGARA;
d. PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN/ATAU OLAHRAGA SESUAI BAKAT DAN MINAT;
e. DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL;
f. KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN;
g. KUALITAS JASMANI, KESEHATAN, DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI;
h. SASTRA DAN BUDAYA;
i. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI;
j. KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS.

D. ORGANISASI PEMBINAAN KESISWAAN
1. ORGANISASI KESISWAAN DI SEKOLAH: OSIS
2. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH PADA 1. SEKOLAH : KEPALA SEKOLAH;
3. 2. KECAMATAN : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KECAMATAN
4. 3. KAB/KOTA : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KAB/KOTA
5. 4. PROVINSI : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI PROVINSI
6. 5. NASIONAL : DIREKTUR JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, DEPDIKNAS.
7. JENJANG PENDIDIKAN SMA NEGERI 16 MEDAN
E. TANGGUNG JAWAB PEMBINAAN KESISWAAN
1. SEKOLAH : KEPALA SEKOLAH;
2. KECAMATAN : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KECAMATAN
3. KAB/KOTA : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KAB/KOTA
4. PROVINSI : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI PROVINSI
5. NASIONAL : DIREKTUR JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, DEPDIKNAS.

F. JENIS KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN
1. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b. Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
2. Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:

a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
d. Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesama
e. Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f. Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
3. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
a. Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d. Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
f. Melaksanakan kegiatan bela negara
g. Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara
h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
4. Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a. Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
d. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
h. Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
i. Menyelenggarakan festival dan lomba seni
j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
6. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c. Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
e. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi, antara lain:
a. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e. Melaksanakan hidup aktif;
f. Melakukan diversifikasi pangan;
g. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
8. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain:
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c. Meningkatkan daya cipta sastra;
d. Meningkatkan apresiasi budaya.
9. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
a. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
c. Melaksanakan English Day;
d. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);

 

 

26 NILAI KEARIFAN YANG DIPRIORITASKAN

DI SMA NEGERI 16 MEDAN

 

NO NILAI INDIKATOR UTAMA
1 Adil
  • Tidak memihak pada salah satu pihak
  • Mendudukkan sesuatu sesuai dengan kebutuhan
2 Berdaya Saing
  • Semangat berprestasi unggul
  • Selalu berpikir maju
3 Berpikir Positif
  • Melihat sisi baik dari setiap hal/ kejadian yang dihadapi
  • Mengubah pandangan negatif menjadi pandangan positif
4 Bersih
  • Peka dan tanggap terhadap lingkungan
  • Ikut menciptakan lingkungan bersih dan sehat
5 Cerdas
  • Dapat menalar dengan baik, dengan menunjukkan kaitan antara satu hal dengan yang lain secara logis, sistematis dan terarah
  • Dapat memperkirakan akibat yang timbul dari sebuah perlakuan
  • Dapat menyampaikan gagasan secara jelas dan terstruktur
6 Cinta Damai
  • Bersahabat dengan orang lain
  • Memelihara perdamaian
  • Menghindari/ menyelesaikan konflik dengan baik
7 Cinta Tanah Air
  • Berpikir dan bersikap demi untuk negara
  • Mampu mencetuskan gagasan untuk mempertahankan keselamatan
  • Berkemauan untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan tanah air
8 Disiplin
  • Sadar akan perlunya aturan dalam kehidupan
  • Mentaati peraturan
9 Gotong Royong
  • Sadar akan kepentingan bersama
  • Melakukan kegiatan dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama
10 Hemat
  • Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efisien
  • Mendaur ulang material yang dapat didaur ulang
11 Ikhlas
  • Tindakan yang dilakukan tanpa pamrih, kecuali berharap kepada Tuhan
  • Tidak menghitung untung rugi
12 Integritas
  • Berbuat sesuai aturan dan norma yang berlaku di lingkungan dimana ia berada
  • Tidak melanggar hal-hal yang dilarang bersifat buruk
13 Jujur
  • Tidak melakukan kecurangan
14 Kasih Sayang
  • Peka terhadap lingkungan
  • Peduli terhadap makhluk ciptaan Tuhan
15 Kerja Keras
  • Sadar akan manfaat kemampuan terbaik
  • Berusaha menyelesaikan kegiatan atau tugas secara optimal
16 Kreatif
  • Mengelaborasi ide yang ada dan memberikan ide yang berbeda kepada orang lain
  • Menciptakan ide-ide dan karya baru yang bermanfaat
17 Mandiri
  • Tidak tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas
  • Menciptakan usaha atau pekerjaan yang bermanfaat bagi diri sendiri/ orang lain
18 Peduli
  • Membantu siapapun yang mengalami musibah
  • Membela kaum lemah
19 Pengendalian Emosi
  • Mengungkap ketidakpuasan dengan cara yang baik
  • Dapat menyalurkan emosi negatif(marah, benci, iri) ke kegiatan/ situasi yang positif
20 Percaya Diri
  • Yakin akan kemampuan sendiri
  • Berani menyampaikan dan mempertahankan pemikiran-pemikiran dan pendapat-pendapatnya
21 Rendah Hati
  • Menunjukkan perilaku yang menunjukkan sifat yang berlawanan dengan kesombongan
  • Tidak merendahkan orang lain
22 Santun
  • Menunjukkan perilaku interpersonal sesuai tataran norma dan adat istiadat setempat
  • Bersikap dan berucap hangat dan ramah
23 Tanggung Jawab
  • Melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh
  • Berani menanggung konsekuensi dari sikap, perkataan dan tingkahlakunya
24 Toleran
  • Peka terhadap keberadaan orang lain
  • Memahami dan menghargai keyakinan atau kebiasaan orang lain
25 Religius
  • Beriman
  • Bertaqwa
  • Berakhlak mulia
  • Beramal saleh
26 Nasionalis
  • Sadar berbangsa
  • Menghargai keberagaman
  • Komitmen bersatu
  • Siap bela negara