PROGRAM WAKASEK BIDANG KESISWAAN
A. LATAR BELAKANG :
Pengembangan potensi siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, maka diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis
B. TUJUAN PEMBINAAN KESISWAAN :
1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
C. SASARAN DAN RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN :
1. SASARAN PEMBINAAN KESISWAAN MELIPUTI SISWA SMA NEGERI 16 MEDAN
2. PEMBINAAN KESISWAAN DILAKSANAKAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KOKURIKULER.
3. MATERI PEMBINAAN KESISWAAN MELIPUTI:
a. KEIMANAN & KETAQWAAN THD TUHAN YME;
b. BUDI PEKERTI LUHUR ATAU AKHLAK MULIA;
c. KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN BELA NEGARA;
d. PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN/ATAU OLAHRAGA SESUAI BAKAT DAN MINAT;
e. DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL;
f. KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN;
g. KUALITAS JASMANI, KESEHATAN, DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI;
h. SASTRA DAN BUDAYA;
i. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI;
j. KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS.
D. ORGANISASI PEMBINAAN KESISWAAN
1. ORGANISASI KESISWAAN DI SEKOLAH: OSIS
2. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH PADA 1. SEKOLAH : KEPALA SEKOLAH;
3. 2. KECAMATAN : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KECAMATAN
4. 3. KAB/KOTA : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KAB/KOTA
5. 4. PROVINSI : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI PROVINSI
6. 5. NASIONAL : DIREKTUR JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, DEPDIKNAS.
7. JENJANG PENDIDIKAN SMA NEGERI 16 MEDAN
E. TANGGUNG JAWAB PEMBINAAN KESISWAAN
1. SEKOLAH : KEPALA SEKOLAH;
2. KECAMATAN : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KECAMATAN
3. KAB/KOTA : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI KAB/KOTA
4. PROVINSI : UNIT KERJA YG MENANGANI PENDIDIKAN DI PROVINSI
5. NASIONAL : DIREKTUR JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, DEPDIKNAS.
F. JENIS KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN
1. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b. Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
2. Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
d. Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesama
e. Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f. Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
3. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
a. Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d. Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
f. Melaksanakan kegiatan bela negara
g. Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara
h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
4. Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a. Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
d. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
h. Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
i. Menyelenggarakan festival dan lomba seni
j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
6. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c. Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
e. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi, antara lain:
a. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e. Melaksanakan hidup aktif;
f. Melakukan diversifikasi pangan;
g. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
8. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain:
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c. Meningkatkan daya cipta sastra;
d. Meningkatkan apresiasi budaya.
9. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
a. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
c. Melaksanakan English Day;
d. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
26 NILAI KEARIFAN YANG DIPRIORITASKAN
DI SMA NEGERI 16 MEDAN
NO | NILAI | INDIKATOR UTAMA |
1 | Adil |
|
2 | Berdaya Saing |
|
3 | Berpikir Positif |
|
4 | Bersih |
|
5 | Cerdas |
|
6 | Cinta Damai |
|
7 | Cinta Tanah Air |
|
8 | Disiplin |
|
9 | Gotong Royong |
|
10 | Hemat |
|
11 | Ikhlas |
|
12 | Integritas |
|
13 | Jujur |
|
14 | Kasih Sayang |
|
15 | Kerja Keras |
|
16 | Kreatif |
|
17 | Mandiri |
|
18 | Peduli |
|
19 | Pengendalian Emosi |
|
20 | Percaya Diri |
|
21 | Rendah Hati |
|
22 | Santun |
|
23 | Tanggung Jawab |
|
24 | Toleran |
|
25 | Religius |
|
26 | Nasionalis |
|